Selain Harum, Ini 9 Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan Tubuh

Supriyono
.
Kamis, 06 Oktober 2022 | 14:32 WIB
Manfaat Bunga Melati. (indozone.com)

BATU, iNews.id - Bunga melati dikenal dengan keharumannya yang begitu khas. Bunga ini sering disertakan dalam berbagai ritual, dimulai dari ritual kecantikan, pernikahan, sampai sering dikaitkan dengan beberapa hal mistis. Selain harum, manfaat bunga melati untuk kesehatan tubuh sangat banyak salah satunya untuk kecantikan

Tetapi, terlepas dari citranya di masyarakat, bunga yang melambangkan kemurnian dan kesucian ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Disamping itu, manfaat bunga melati ternyata dapat kita peroleh melalui berbagai cara penggunaan, mulai dari diminum sebagai teh, dioleskan ke kulit sebagai losion, sampai dihirup aromanya melalui parfum atau minyak esensial.

Manfaat bunga melati

1. Menyehatkan sistem pencernaan

Menurut Indigo Herbs, melati mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang berinteraksi dengan enzim pencernaan bisa memfasilitas penyerapan nutrisi yang lebih baik dan meningkatkan fungsi usus yang sehat.

Bunga melati dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus dan terbukti membantu menghilangkan bakteri berbahaya. Kualitas antispasmodik dari bunga melati dapat membantu meredakan masalah penceranan, kram perut dan meredakan infeksi.

2. Menyembuhkan luka

Bunga melati mengandung benzil benzoat, asam benzoat dan benzaldehida, ketiganya punyai sifat antiseptik. Membuat bunga ini dapat dimanfaatkan sebagai penyembuh luka. Minyak esensial bunga melati bisa diaplikasikan pada luka ringan dan luka sayat untuk memberikan pereda instan.

3. Baik untuk kecantikan kulit

Bunga melati yang dijadikan minyak esensial mengandung keton, yang mempunyai aroma menakjubkan, sama seperti bunganya. Selainnya memberikan keharuman, menggunakan minyak esensial bunga melati bisa juga melembutkan dan melembapkan kulit.

Bunga ini diyakini bisa juga menyamarkan stretch mark dan bekas luka. Metodenya, gerus bunga melati dan campurkan dengan minyak kelapa sampai berbentuk pasta. Selanjutnya, aplikasikan pasta itu pada kulit untuk memberikan dampak mengencangkan dan meningkatkan elastisitasnya.

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini