get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

7 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Penuh Nutrisi!

Selasa, 11 Oktober 2022 | 19:28 WIB
header img
Manfaat Buah Bengkoang. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Bengkuang sebagai sayuran akar dengan kulit tebal berwarna coklat, dan di bagian dalamnya berwana putih seperti apel. Maka dari itu, kenali manfaat bengkuang untuk kesehatan dan kecantikan

Sayuran ini awalnya tumbuh di Meksiko, kemudian menyebar ke Filipina dan Asia. Bengkuang tumbuh subur di tempat-tampat yang hangat sepanjang tahun.

Dilansir dari Medical News Today, bengkuang mempunyai berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh saat dikonsumsi. Selainnya sebagai sumber serat yang baik, kandungan antioksidan pada bengkuang bisa berperan mencegah penuaan dan kanker.

Lantas, apa manfaat yang didapat saat mengonsumsi bengkuang?

Kandungan nutrisi

Bengkuang sebagai sayur rendah kalori dan gula dan rendah lemak dan protein, namun bengkuang tinggi akan serat. Pada bengkuang, hanya sayur akarnya saja yang dapat dikonsumsi, sedangakan sisa tumbuhan yang lain termasuk kacang dan bungannya mengandung racun rotenone.

Rotenone sebagai insektisida alami yang bersifat racun untuk manusia. Mengonsumsi rotenone jumlah besar bisa meningkatkan seorang terkena parkinson. Selain itu ketiha akan dikonsumsi, kulit coklat bengkuang harus dihilangkan lebih dulu.

Manfaat mengonsumsi bengkuang

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan serat yang besar pada bengkuang bisa membantu kadar kolesterol dengan mencegah empedu diserap kembali di usus dan mencegah hati membuat lebih banyak kolesterol.

Kandungan potasiumnya dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi Anda dari penyakit jantung dan stroke. Disamping itu, bengkuang mengandung zat besi dan tembaga yang bisa meningkatkan sirkulasi pada sel darah merah.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut