get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

5 Cara Mengatasi Perut Bunyi yang Muncul Tiba-Tiba, Dijamin Ampuh! 

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 08:31 WIB
header img
Cara Mengatasi Perut Bunyi. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Biasanya, rasa lapar akan menyebabkan perut bunyi. Akan tetapi, perut yang bunyi tidak selalu mengisyaratkan kelaparan. Perut yang bunyi dapat terjadi selama pencernaan normal saat makanan, cairan, dan gas melewati usus. Karenanya, perut yang bunyi adalah hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan, biasanya bisa diatasi dengan makan.

Namun, beberapa orang bisa lebih sering mengalami perut bunyi. Selain itu, bila perut bunyi secara terus-menerus, ini kadang membuat seseorang jadi merasa malu. Untungnya, masalah perut bunyi ini bisa diatasi dengan cukup mudah. Bagaimanakah itu? Simak penjelasannya di sini.

5 Cara Mengatasi Perut Bunyi 

1. Makan lebih teratur

Makan lebih teratur bisa saja solusi efektif untuk mengatasi masalah perut keroncongan yang akut. Jika perut kamu terus-terusan mengeluarkan bunyi, dapat jadi kamu perlu makan lebih sering. Sudah banyak orang yang mendapat manfaat dari makan 4-6 porsi kecil dalam sehari daripada 3 porsi besar.

Menurut studi dalam jurnal PLOS One, pola makan ini bisa meningkatkan pencernaan dan metabolisme, mencegah perut bunyi selama proses pencernaan, dan membantu mencegah kamu berasa lapar, termasuk mencegah perut bunyi saat kelaparan.

2. Minum air

Jika perut kamu terus mengeluarkan bunyi dan kamu sedang tidak dapat makan, minum air putih bisa membantu menghentikannya. Air akan meningkatkan pencernaan dan sekaligus mengisi perut untuk meredakan beberapa reaksi lapar, merilis Healthline.

Untuk mencegah perut bunyi, kamu harus minum air putih sedikit demi sedikit secara konsisten. Karena, bila kamu langsung menenggak banyak air sekaligus, ini mungkin akan menyebabkan suara gemericik dari dalam perut.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut