get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

3 Cara Membuat Yoghurt Sendiri Dengan Mudah, Dijamin Lezat!

Rabu, 16 November 2022 | 15:43 WIB
header img
Cara Membuat Yoghurt Sendiri. (sindonews.com)

Karbohidrat

Karbohidrat dalam yoghurt tanpa rasa berasal dari gula simpel yang diucap laktosa( gula susu) serta galaktosa. Tetapi, isi laktosa pada yoghurt lebih rendah dibanding pada susu. Ini sebab hasil fermentasi kuman dalam pemecahan laktosa.

Vitamin

Yoghurt ialah sumber sebagian vit serta mineral yang sangat baik, semacam vit B12, kalsium, fosfor, serta riboflavin.

Probiotik

Probiotik merupakan kuman hidup yang mempunyai dampak kesehatan yang menguntungkan. Kuman ramah ini ditemui dalam produk susu fermentasi, semacam yoghurt dengan kultur hidup serta aktif. Probiotik berguna buat tingkatkan imunitas badan, merendahkan kolesterol, mensintesis vit, serta tingkatkan kesehatan pencernaan.

Cara membuat yoghurt dari susu cair full cream

Bahan:

  • 500 ml susu full cream
  • 2 sdm yoghurt plain dengan kuman hidup buat biang

Metode membuat yoghurt dari susu cair full cream:

1. Masak susu dengan api lagi. Rebus sampai timbul buih- buih kecil di pinggiran panci. Matikan api. Perkenankan sampai hangat.

2. Masukkan 2 sdm yoghurt ke dalam susu yang masih hanagt. Aduk rata. Rasa yoghurt yang hendak kita hasilkan sama dengan yoghurt biang yang kita gunakan.

3. Selangi masih hangat, masukkan kombinasi susu serta yoghurt ke dalam wadah yang tertutup rapat. Yakinkan tidak terdapat celah yang membuat hawa masuk. Bungkus dengan kain bersih. Simpan di dalam tempat kering serta tertutup sepanjang minimun 12 jam.

4. Sehabis proses fermentasi berakhir, yoghurt dapat ditaruh di dalam kulkas buat dijadikan stok. yoghurt dapat dinikmati dengan aneka buah fresh cocok selera.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut