2. Jangan Sepelekan Jadwal
Waktu adalah uang. Supaya tidak menyesal nanti, karena itu pandai memanfaatkan saat yang dimiliki dengan aktivitas bermanfaat adalah sebuah kewajiban. Buatlah jadwal kegiatan apa yang perlu dikerjakan. Misalkan membuat jadwal harian yang diawali dari bangun tidur sampai tidur kembali di malam hari.
Buatlah agenda aktivitas mingguan dan bulanan. Pastikan tidak ada agenda kuliah dan kegiatan organisasi yang sama-sama bertabrakan. Dengan membuat jadwal, semua kegiatan perkuliahan dan organisasi akan menjadi lebih terarah sehingga tidak perlu menghabiskan waktu untuk melakukan pekerjaan yang kurang penting.
3. Mana Yang Lebih Penting
Mahasiswa yang baik adalah mereka yang dapat tentukan prioritas pada setiap kegiatanya. Mulai membuat prioritas tertinggi pada aktivitas perkuliahan seperti mengerjakan tugas dan belajar untuk kuis atau ujian.Lalu fokus setelah itu untuk semua aktivitas organisasi.
Kurangilah fokus pada kegiatan yang tidak begitu penting seperti menonton tv atau habiskan waktu terlalu lama untuk berkumpul dengan teman tanpa tujuan yang jelas.
4. Masih Suka Menunda?
Menunda tugas adalah kebiasaan buruk dan tidak bertanggungjawab dan akan membuat jadwal kegiatan jadi berantakan. Biasakanlah diri untuk mencicil semua sesuatunya sedikit-sedikit setiap hari supaya tugas terasa lebih ringan.
Jangan menumpuk semua tugas diakhir karena akan merasa terburu-buru melakukannya sehingga hasilnya menjadi tidak maksimal. Kunci tidak menunda tugas adalah dengan tentukan deadline. Ini bertujuan agar semua aktivitas menjadi lebih efektif untuk dikerjakan.
Editor : Supriyono
Artikel Terkait