get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Tak Hanya Untuk Mata, Inilah Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh

Minggu, 28 Agustus 2022 | 14:31 WIB
header img
Manfaat Wortel Bagi Kesehatan. (inews.id)

BATU, iNews.id - Wortel adalah sayuran yang mudah didapat di Indonesia. Rasanya manis dan dapat diolah menjadi berbagai menu bergizi. Banyak orang tahu manfaat dari wortel untuk kesehatan mata. Padahal, manfaat wortel lebih banyak dari itu.

Dilansir dari Medical News Today, berikut manfaat dari wortel untuk kesehatan.

1. Menjaga kesehatan mata

Ini sebagai manfaat wortel yang paling banyak diketahui. Wortel ternyata dapat membantu seorang melihat dengan baik pada gelap.

Wortel mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A sebagai nutrisi penting untuk mencegah penyakit xerophtalmia. Xerophtalmia adalah penyakit yang menyebabkan penurunan fungsi mata dan menyebabkan seorang susah melihat pada kondisi cahaya yang redup.

Disamping itu, wortel mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dapat mencegah degenerasi makula, yaitu penyakit mata yang sering menyerang orangtua.

2. Mencegah kanker

Wortel kaya berbagai jenis antioksidan, khususnya lutein dan zeaxanthin yang merupakan jenis dari karoten. Zat ini terbukti sanggup menurunkan risiko kanker. Bahkan juga beberapa penelitian menunjukkan konsumsi jus wortel sanggup memperlambat progres kanker prostat, paru-paru, dan leukemia.

3. Menjaga kesehatan saluran cerna

Wortel kaya serat yang sehat untuk saluran pencernaan. Disamping itu, berdasarkan penelitian tahun 2014, serat bersama antioksidan terbukti sanggup menurunkan resiko terserang kanker usus.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut